Cara Cek Kouta Internet Gratis Subsidi dari Kemendikbud Bagi Guru Siswa dan Mahasiswa

Ruangguru.my.id_Subsidi kouta internet untuk pelajar, mahasiswa, dan tenaga pendidik diseluruh Indonesia yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mulai disalurkan pada akhir bulan September ini.

Bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), bantuan ini disalurkan Kemendikbud secara bertahap.

Rencananya pembagian kouta dilakukan selama empat bulan, mulai bulan September hingga Desember tahun 2020. Kuota yang dibagikan terdiri dari dua jenis.

Pertama adalah kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs apapun. Kedua adalah kuota belajar yang hanya dapat digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs penunjang belajar.

Contoh situs penunjang belajar adalah Quipper, Ruangguru, platform konferensi video seperti Google Meet, Zoom, serta 401 situs perguruan tinggi di Indonesia. Keseluruhan daftar aplikasi dan situs yang bisa diakses bisa dilihat di laman berikut ini.

Bantuan kuota terbagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jenjang pendidikan. Peserta didik jenjang PAUD akan mendapatkan kuota sebesar 20 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar.

Sementara jenjang SD dan Menengah mendapat kuota sebesar 35 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar.

Bagi pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat kouta 42 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota kota belajar.

Sedangkan untuk dosen dan mahasiswa mendapat kuota sebesar 50 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Agar mendapatkan kuota subsidi, nomor harus lebih dulu terdaftar di Dapodik. Pelajar atau mahasiswa dapat menghubungi pihak sekolah atau kampus untuk mendaftarkannya. Jika sudah terdaftar, subsidi kuota bisa dicek melalui cara berikut:

TELKOMSEL

Bagi siswa, mahasiswa, atau pendidik yang menggunakan Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U dan sudah terdaftar di Dapodik, mereka akan menerima SMS pemberitahuan yang dikirim oleh pengirim Telkomsel.

Pengecekan bantuan kuota data internet bagi pelanggan Telkomsel dapat diakses melalui menu dial *888# dan aplikasi MyTelkomsel. Jika sudah menerima, siswa atau mahasiswa akan menerima informasi pembagian kuota data.

TRI

Siswa, mahasiswa, atau pendidik yang menggunakan Tri juga dapat mengecek kuota belajar dari pemerintah melalui nomor USSD *123*10*3#. Bisa juga dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang nantinya muncul informasi di kolom 'kuota aplikasi dan edukasi'.

 XL AXIATA/AXIS

Siswa, mahasiswa, atau pendidik yang menggunakan XL dan Axis dapat melakukan pengecekan kuota belajar dari Kemendikbud melalui nomor *123# kemudian pilih info, pilih Info Kartu-XL-ku, pilih info cek kuota dan pilih paket Terus Belajar. Selain itu pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi myXL dan AxisNet.

INDOSAT OOREDOO

Sedangkan untuk pelajar, mahasiswa, atau pendidik yang menggunakan layanan Indosat Ooredoo bisa mengecek subsidi kuota belajar melalui aplikasi myIM3. Selain itu bisa juga melalui nomor USSD *123*075# kemudian pilih nomor 1.***


Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Kouta Internet Gratis Subsidi dari Kemendikbud Bagi Guru Siswa dan Mahasiswa"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel