Sempat Tertunda, Insentif yang Dinanti Guru Honorer Daerah ini Cair

Ruangguru.my.id_Setelah sempat tertunda selama 1 bulan, guru honorer di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akhirnya bergembira.


Setelah insentifnya bisa dicairkan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran.
Hal ini disambut baik oleh ribuan guru honorer, Jumat, 7 Agustus 2020.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Pangandaran Hendar Suhendar membenarkan, bahwa anggaran insentif guru honorer sudah dicairkan.

"Iya betul,kemarin sudah mulai didistribusikan totalnya mencapai Rp 1,9 miliar," ujar Suhendar.

Selanjutnya Sekretaris Dinas Pendidikan Agus Nurdin menegaskan, bahwa untuk di Kabupaten Pangandaran sendiri ada 1.846 guru honorer.

Pemberian insentif dibagi menjadi dua kategori. Bagi guru honorer yang masuk kategori K-2 mendapat insentif sebesar Rp 700.000 per bulan sementara guru honorer Non K-2 sebesar Rp 300.000 per bulan.

"Insentif K-2 Rp 700 ribu/bulan dan Non K-2 Rp 300 rb/bulan," lanjutnya.Proses pencairan itu sempat tertunda sekitar 1 bulan,Pembayaran insentif itu kan dilakukan setiap 3 bulan sekali yang seharusnya dibayarkan awal Juli lalu.

Dirinya berharap guru honorer bisa memahami dan memaklumi keterlambatan tersebut sebagai dampak dari kondisi pandemi Covid-19 ini.Kalau insentif yang berasal dari anggaran daerah tidak bisa dibandingkan atau disamakan dengan gaji ASN yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU). 

"Saya yakin teman-teman guru honorer bisa memakluminya,Tapi sekarang sudah tak ada masalah," katanya.

Dirinya menambahkan insentif guru honorer berasal dari anggaran APBD Kabupaten Pangandaran,sehingga ketika pemasukan pundi-pundi pendapatan atau PAD terdampak oleh situasi pandemi Corona, secara tidak langsung akan berdampak pula terhadap kebutuhan anggaran yang lain.

"Bukan masalah ketersediaan anggaran, namun ini lebih kepada memperhatikan mekanisme administrasi pengelolaan keuangan agar sesuai dengan aturan yang berlaku," tambahnya.

Sementara itu salah satu guru honorer di Kabupaten Pangandaran Vitri (36), dirinya salah satu dari semua guru honorer yang bahagia karena insentif yang selama ini ditunggu-tunggu akhirnya cair juga.

"Hatur nuhun Pak Bupati Jeje Wiradinata, insentif guru honorer tos katampi," katanya.

Sumber : rakyat.com


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Sempat Tertunda, Insentif yang Dinanti Guru Honorer Daerah ini Cair"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel