Peran Guru Tak Tergantikan Meski Ada Pembelajaran Online

Ruangguru.my.id_Masa pandemi corona menjadikan dunia pendidikan lebih banyak bersentuhan dengan daring. Pembelajaran dilakukan lewat tatap muka online antara guru dengan siswa.

Namun, pengamat pendidikan Universitas Brawijaya (UB), Aulia Luqman Aziz, menyatakan pembelajaran secara tatap muka lebiih efektif ketimbang lewat online. Dikatakan, pembelajaran penuh secara daring akhir-akhir ini banyak menimbulkan keluhan dari peserta didik maupun orangtua.

"Tidak hanya di Indonesia, bahkan di negara maju seperti Amerika Serikat. Selamanya, profesi guru tidak akan tergantikan oleh teknologi," kata Aulia yang juga humas di FIA UB ini dalam rilisnya.


Ia menyimpulkan bahwa pembelajaran terbaik adalah bertatap muka dan berinteraksi dengan guru dan teman-teman.

Menurutnya, dalam proses belajar mengajar secara tatap muka ada nilai yang bisa diambil oleh siswa, seperti proses pendewasaan sosial, budaya, etika, dan moral yang hanya bisa didapatkan dengan interaksi sosial di suatu area pendidikan.

Perubahan sosial yang tiba-tiba terjadi sebagai akibat merebaknya penyebaran corona menimbulkan kegagapan dalam proses penyesuaian kegiatan belajar mengajar.

Menurut Luqman tidak mungkin jika sebuah pembelajaran ideal dicapai di masa pandemi seperti saat ini.

"Oleh karena itu, guru dan dosen harus cepat menyesuaikan keadaan dengan mengubah target capaian, dan kemudian metode pembelajarannya," kata dia.

Jangan sampai dalam kondisi saat ini, guru dan dosen membebani siswa dengan pembelajaran di saat siswa mengalami keterbatasan sosial dan ekonomi.

Kegagapan dalam menyesuaikan metode belajar mengajar seharusnya bisa secara efektif dilakukan jika pemerintah mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Indonesia sejak awal.

Luqman mengatakan jika memang belum siap dengan datangnya pandemi, maka seharusnya pemerintah memberikan kelonggaran target yang dituju.

"Siswa tidak dapat fasilitas akademik dan sosial yang memadai untuk belajar namun targetnya tetap," ujarnya.

Sumber : tribunnews.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Peran Guru Tak Tergantikan Meski Ada Pembelajaran Online"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel