Kepala Sekolah Bisa Gunakan Semua Dana BOS untuk Gaji Guru

Ruangguru.my.id_Anggota Komisi X DPR-RI, Sofyan Tan mengungkapkan saat darurat seperti saat ini, sekolah bisa mengalokasikan 100% dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk menggaji guru.

"Jika bisa, semua dana yang diterima bisa digunakan untuk membayar gaji guru,” ucapnya dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Yayasan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) Medan.

Kata Sofyan, sebelumnya, dana BOS akan cair 4 bulan sekali. Seperti untuk periode Januari �" April 2020, dana cair pada akhir April 2020. Namun, Sofyan mengaku telah memperjuangkan agar dana BOS periode Mei �

" Agustus 2020, bisa cair pada awal Mei ini. Sehingga sekolah yang terdampak Covid-19, bisa tetap menggaji guru dan staf honorernya, meski banyak siswa yang tunda pembayaran uang sekolah.

"Bagaimana penggunaan dana BOS, diserahkan sepenuhnya pada kepala sekolah. Jadi ini merupakan kesempatan untuk memberikan gaji lebih kepada guru," tuturnya.

Menurut Sofyan, guru harus mendapat perhatian. Mengacu pada pengalaman Kaisar Jepang, pada saat Perang Dunia II selesai, yang pertama ditanya adalah guru.

"Berapa jumlah guru yang masih hidup. Karenanya, dalam menghadapi Covid-19 ini, kita harus menjaga guru, untuk masa depan bangsa," tuturnya.

Dijelaskan kader PDI Perjuangan ini, rencananya, ada sekitar 110 ribu sekolah dari 200 an ribu sekolah yang dana BOS -nya akan cair awal Mei ini. Sisanya tidak bisa cair lantaran sebagian besar akun bank sekolag kosong, karena dana tarik seluruhnya.

"Dari sini dapat kita lihat bahwa sekolah juga terdampak Covid-19. Jadi jangan diabaikan. Guru tetap kerja dan harus dibayar," jelasnya.

Dijelaskan Sofyan Tan, kebijakan kebijakan baru mengenai penggunaan dana BOS ini dibuat guna memenuhi kebutuhan di masa pandemi Covid-19 ini.

Dana BOS dapat digunakan untuk membayar guru honorer walaupun belum memiliki UNPTK asal tercatat pada Dapodik per 31 Desember 2019, belum mendapatkan tunjangan profesi, serta memenuhi beban mengajar termasuk mengajar dari rumah.

Tentunya dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan untuk beban operasional sekokah yang rutin. Seperti pembelian daya listrik, pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah dengan laporan yang juga akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kepada orangtua siswa, Ketua Dewan Pembina YPSIM ini pun mengharapkan agar tidak egois. Jangan lantaran anak tidak berangkat sekolah, langsung tidak membayar uang sekolah. Lantaran, guru terus mengirimkan materi pelajaran kepada siswa. “Bahkan di YSIM, bagi siswa yang orangtuanya tidak punya handphone, tugasnya diantar oleh guru ke rumah siswa,” ungkapnya.

Sofyan Tan juga berpesan, supaya keadaan bisa normal kembali, setiap orang bisa mencegahnya dengan jangan keluyuran. Walaupun harus keluar tetap pakai masker, dan semangat menghadapi pandemi ini.

Sumber : matatelinga.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kepala Sekolah Bisa Gunakan Semua Dana BOS untuk Gaji Guru"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel