KPAI Sebut Pembelajaran Jarak Jauh Hanya Melahirkan Tugas Tanpa Interaksi Belajar

Ruangguru.my.id_Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam surveinya menemukan bahwa mayoritas siswa mengeluhkan terkait tidak adanya interaksi antara guru dan siswa saat penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi corona atau COVID-19.


Mereka tak lagi merasakab ada tanya-jawab atau penjelasan materi pembelajaran dari guru.

Komisioner KPAI bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, saat penerapan PJJ, siswa hanya diberikan tugas oleh guru mereka.

“Menurut 79,9% responden menyatakan bahwa PJJ berlangsung tanpa Interaksi Guru-Siswa sama sekali kecuali memberikan tugas dan menagih tugas saja, tanpa ada interaksi belajar,seperti tanya jawab langsung atau aktivitas guru menjelaskan materi,” jelas Retno saat memaparkan hasil survet tentang Penerapan PJJ melalui video conference, Jakarta, Senin (27/4/2020).

Retno mengatakan, hanya 20,1% responden yang menyatakan ada terjadi interaksi antara siswa dengan guru selama PJJ.

Sebanyak 87,2% respondenmenyatakan interaksi melalui chating, 20,2% menggunakan aplikasi zoom meeting, sedangkan 7,6% lagi menggunakan aplikasi video call WahsApp; dan 5,2% responden menggunakan telepon untuklangsung bicara dengan gurunya.

Survei ini dilakukan pada 13-20 April 2020 dengan jumlah responden mencapai 1700 siswa. Para responden berasal dari 20 propinsi dan 54 kabupaten/kota, dengan me tode deskriptif kualitatif. Survei dilaksanakan dengan teknik multistage random sampling.

Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan menggunakan aplikasi google forms kepada 246 pengadu sebagai responden utama dan 1700 responden pembanding. Dari 1700 siswa yang menjadi rsponden survey PJJ KPAI juga termasuk para pengadu PJJ yang 246 siswa tersebut.

Sumber : kurio.id

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "KPAI Sebut Pembelajaran Jarak Jauh Hanya Melahirkan Tugas Tanpa Interaksi Belajar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel