Guru-Siswa Terbantu Smartphone: Siapkan Fitur dan Aplikasi untuk Maksimalkan Proses Belajar

Selamat datang di Ruangguru.my.id_Teknologi berkembang secara pesat. Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi pun semakin canggih. Apalagi pada era industri 4.0 sekarang ini.

Karena itu, sekolah ikut andil menyiapkan para siswa untuk bersaing dalam era digital ini.
Namun, untuk saat ini, belum semua sekolah memanfaatkan smartphone untuk proses pembelajaran.

Tetapi, tidak demikian dengan Vita School Surabaya dan SMP Negeri 1 Surabaya, yang telah menggunakan gawai untuk pengajaran.

"Sekolah berperan menyiapkan generasi muda supaya melek teknologi. Bukan mengajak mereka bergantung pada teknologi, melainkan mengajak mereka untuk menguasai dan memanfaatkan teknologi secara baik," ujar Agni Rahadyanti, Kepala SMP Vita School.

Karena itu pula, pihaknya memberikan ruang kepada para siswa untuk belajar menggunakan media teknologi, di antaranya gawai.

"Kami memaksimalkan teknologi dalam pembelajaran. Beberapa pembelajaran memanfaatkan gawai atau laptop. Namun, ketika tidak diperlukan, gawai atau laptop disimpan dalam laci," ungkap Agni.

Dalam pembelajaran, misalnya, pihaknya memanfaatkan Ruang Kelas Google atau Google Classroom, sebuah fitur yang membantu siswa dan pengajar dalam memberikan, mendapat, mengirim, serta mendistribusikan tugas.

"Kami mulai memanfaatkan Google Classroom sejak dua atau tiga tahun ini. Fitur ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran," terangnya.

Satria Andy Kirana, guru Bahasa Inggris SMP Vita menyampaikan, sangat terbantu dengan fitur yang dimanfaatkan sekolahnya.
Dalam mengumpulkan informasi, siswa dan pengajar pun, lanjutnya, semakin dimudahkan.

"Banyak miskonsepsi bahwa gawai membawa dampak negatif pada anak-anak atau remaja. Padahal, guru dan siswa, membuat lingkungan pelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan gawai. Namun, tetap dalam pengawasan," tuturnya.

Angelene Susanna, siswi SMP Vita, merasakan manfaat fitur google classroom yang memudahkannya dalam belajar.

"Kalau mencari bahan sebelumnya untuk UAS, lebih mudah karena tinggal scroll," ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, untuk mengirim tugas sekolah, ia tak perlu susah-susah mencetak atau memindahkan ke flashdisk.

"Kalau mau kirim file, tinggal meng-upload," katanya.
Angelene pun merasa, pembelajaran berbasis teknologi memudahkan mencari informasi lebih luas. Hal ini bermanfaat menambah wawasan mengenai topik yang sedang dipelajari.

Sumber : tribunnews.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Guru-Siswa Terbantu Smartphone: Siapkan Fitur dan Aplikasi untuk Maksimalkan Proses Belajar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel