Cegah Penyebaran Corona, Uang Rupiah Akan Dikarantina hingga Didisinfektan

Selamat datang di ikatanguru_Bank Indonesia (BI) melakukan sejumlah langkah untuk memitigasi penyebaran virus corona atau covid-19. Salah satunya dengan pengelolaan uang rupiah.  

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko memastikan, uang rupiah yang telah didistribusikan kepada masyarakat sudah melalui proses pengolahan khusus untuk meminimalisir covid-19. Mulai dari karantina uang rupiah selama 14 hari hingga disemprot disinfektan sebelum didistribusikan ke masyarakat.  

“Melakukan pengkondisian terhadap setoran uang yang diterima dari perbankan/Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) berupa karantina selama 14 hari, dan dilanjutkan dengan proses penyemprotan disinfektan sebelum dilakukan pengolahan dan didistribusikan kembali kepada masyarakat,” kata Onny dalam keterangan resmi, Senin (16/3).  


Selain itu, otoritas moneter juga memperkuat higienitas petugas maupun perangkat yang digunakan dalam pengolahan uang rupiah.  

“Melakukan koordinasi dengan perbankan/PJPUR untuk menerapkan langkah-langkah dalam pengolahan uang Rupiah dengan memerhatikan aspek K3 dari sisi SDM maupun perangkat pengolahan uang rupiah,” jelasnya.  

Ke depan, BI memastikan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dan otoritas lainnya guna mencermati dan memantau perkembangan penyebaran virus corona, termasuk implikasinya terhadap perekonomian nasional. 

“BI juga memastikan terjaganya terjaganya stabilitas moneter, stabilitas keuangan, terselenggaranya layanan sistem pembayaran yang aman, lancar, andal, dan efisien, serta memastikan ketersediaan uang rupiah di masyarakat,” tambahnya.

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cegah Penyebaran Corona, Uang Rupiah Akan Dikarantina hingga Didisinfektan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel